• ,


Breaking News :






Memalukan..!! PDAM TSP Kisaran Tunggak BPJS Rp900 Juta
Rabu, 19 Maret 2014 - 21:29:00 WIB
Rubrik: Peristiwa - Dibaca: 301 kali   


Kantor PDAM TSP Kisaran

KISARAN | Medanblitz.com -  PDAM Tirta Silau Piasa Kisaran menunggak iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (THT) dan Jaminan Kematian (JK) ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial cabang Kisaran sebesar Rp900 juta lebih. Dari data yang dihimpun Medanblitz.com, tunggakan itu dilakukan sejak agustus 2007 sampai Februari 2014.

Dampaknya, sejumlah klaim karyawan perusahaan plat merah milik Pemkab Asahan itu jika terjadi resiko tak bisa dilakukan sebelum PDAM TSP Kisaran melunasi iurannya. Berdasarkan data yang diperoleh, PDAM TSP Kisaran belum menyelesaikan tunggakan iuran sebesar Rp402.165.976 dan denda sebesar Rp515.597.405, sehingga total tunggakan dan denda sebesar Rp917.763.382.

Direktur PDAM TSP Kisaran, Darwinsyah Harahap ketika ditemui dikantornya, berdalih tunggakan itu terjadi karena kondisi keuangan perusahaan yang ‘cengap-cengap’. Akibatnya, perusahaan tak mampu membayar kewajiban, diantaranya iuran JKK, JHT dan JK ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Memang benar kalau kami belum bayar iuran Jamsostek mulai Agustus 2007 s/d Maret 2014, karena memang belum ada uangnya," katanya.

Ketika ditanyai perihal potongan gaji karyawan, mantan Calon Wakil Bupati Paluta yang baru menjabat di PDAM TSP selama 3 tahun ini berkilah, pihaknya tidak pernah melakukan pemotongan terhadap gaji karyawannya. “Sebelum saya menjabat, PDAM memang sudah memiliki tunggakan iuran Jamsostek,”ujarnya.

Menurutnya, dia sudah berkali-kali melayangkan surat ke kantor Jamsostek Kisaran untuk mencari solusi penyelesaian permasalahan PDAM TSP Kisaran dengan mencicilnya sebesar Rp20 juta setiap bulannya. Namun Kantor Jamsostek yang sekarang berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran menolak permintaan tersebut.

“ Berkali-kali kita surati pihak Jamsostek agar bisa dilakukan pencicilan tunggakan iuran tersebut, namun pihak Jamsostek menolak dengan dalih harus dibayar terlebih dahulu semua tunggakan dan denda  ke BPJS Ketenagakerjaan. Dari mana uang kita, sementara keadaan keuangan perusahaan ini sedang terpuruk,” bebernya.

Keterangan Darwinsyah Harahap bertolak belakang dengan penyampaikan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran Asran Pane. Kepada Medanblitz.com, Asran Pane menyebutkan, pihaknya sudah melakukan pendekatan secara persuasive dengan melakukan kunjungan ke kantor PDAM Silau Piasa Kisaran pada Rabu (19/2) lalu, untuk mencari solusi penyelesaian permasalahan tunggakan dan denda iuran jamsostek.

“ kita sudah menyarankan kepada pak Darwinsyah untuk mendaftarkan terlebih dahulu karyawan PDAM sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, kalau masalah iuran bisa belakangan. Dan ketika terjadi resiko, itu semua akan terkaper pihak BPJS Ketenagakerjaan. Namun sayangnya, sampai hari ini, pihak PDAM belum juga beritikad baik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” ujar Asran Pane, Rabu (19/3/2014).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi D DPRD Asahan,  Rohardian Aji Putra SKom ketika diminta tanggapannya, meminta pihak PDAM segera mengambil langkah-langkah solutif bersama pihak Jamsostek agar permasalahan itu secepatnya teratasi.

"Saya juga meminta pihak Jamsostek agar tetap memberikan layanan atau hak-hak kepada karyawan PDAM meskipun perusahaan itu belum bayar tunggakan," ujarnya. (Her)

 








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik