×

CARI BERITA

img
26 September 2019

Pimpinan Belum Definitif, Orientasi Anggota DPRD Medan Tetap Dilaksanakan

Medan,- Orientasi anggota DPRD Medan periode 2019-2024 yang akan dilaksanakan mulai Selasa-Jumat, 1-4 Oktober 2019 di The Hill Sibolangit berpotensi melanggar Peraturan Pemerintah Nomor.12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat, dikarenakan belum definitifnya pimpinan DPRD Medan.

Anggota DPRD Medan HT. Bahrumsyah saat ditanya wartawan membenarkan tentang potensi tersebut, dimana dalam PP no 12 tahun 2018, pasal 86 pada poin ke empat tertera ‘….Anggota DPRD melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan DPRD dan kepada pimpinan fraksi’.

“Jika melihat poin pasal ini, anggota DPRD Medan melaporkan hasil pelaksanaan (orientasi-red) kepada Pimpinan DPRD. Tidak ada menyebutkan Pimpinan DPRD sementara,” jelasnya kepada wartawan di Gedung DPRD Medan, Kamis (26/09/2019).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Medan ini menyarankan Sekratariat DPRD Medan menunggu pendefinitifan pimpinan DPRD Medan. “Harapan kita tentunya, Sekretariat melaksanakan kegiatan ini setelah pimpinan didefinitifkan,” jelasnya.

Orientasi ini, kata Bahrumsyah baiknya dilaksanakan setelah benar benar siap. “Artinya, kita menginginkan pelaksanaan ini benar-benar siap, penetapan pimpinan kan tidak memerlukan waktu lama lagi, kalau tidak salah tinggal satu lagi belum siap,” jelasnya.

Tidak Ada Masalah

Terpisah, Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Medan, Hj Alida mengatakan tidak ada masalah dengan pelaksanaan Orientasi Anggota DPRD Medan yang baru ini. Terkait penapsiran pasal 86 terkait pimpinan sudah dikuatkan dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Sesuai surat edaran mendagri tanggal 3 September 2019 no 160/8946/SJ point 5 jelas menyatakan bahwa untuk orientasi pimpinan sementara dapat menugaskan anggota DPRD untuk mengikuti kegiatan orientasi itu,” jelasnya.

Saat ditanya soal laporan orientasi harus kepada pimpinan DPRD, Alida enggan merinci lebih mendalam.

“Kita berpedoman kepada surat edaran itu, jadi sudah tidak ada masalah,” jelasnya.

Terpopuler
noimage
12 September 2016
Terkini