×

CARI BERITA

img
04 April 2019

Ganggu Kesehatan Warga, Rajudin Minta Pemko Awasi Sarang Burung Walet

Medan,- Anggota DPRD Kota Medan, H.Rajudin Sagala. S.pd.I mengingatkan Pemko Medan untuk mengontrol keberadaan Sarang Burung Walet yang dinilai mengabaikan kesehatan warga.Desakan ini disampaikan H.Rajudin S.Pd.I merespon banyaknya pengaduan warga, Kamis (04/04/2019).

Masalah sarang burung walet sempat menjadi polemik di Medan, sekitar 2010. Keberadaanya di tengah kota, mengganggu kesehatan masyarakat. “Kita mengharapkan Pemko tidak hanya mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD) tetapi harus memperhatikan kesehatan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Rajudin juga mengingatkan, berdirinya sarang burung walet di Kota Medan harus juga memperhatikan tata ruang. “Ini yang tidak boleh abai. Pemko Medan harus benar-benar jeli agar kondusifitas terjaga,” jelasnya.

Disadari Rajudin, Sarang burung walet merupakan salah satu potensi sumber daya alam hayati yang cukup lama dikenal dan dikelola terutama yang berasal dari gedung-gedung walet oleh masyarakat kota Medan.

Disamping sebagai sumber pendapatan masyarakat selama ini sarang burung walet juga merupakan sumber pendapatan asli daerah (PAD) pemerintah kota Medan yaitu melalui penarikan pajak. “Jadi potensi yang besar ini harus dimaksimalkan dengan memperhatikan lingkungan,” jelsnya.

Dengan potensi yang besar ini, Rajudin mengharapkan Dinas terkait untuk serius melaksanakannya agar PAD yang dihasilkan bisa bermanfaat bagi pembangunan Kota Medan ke depan.

Dalam kesempatan tersebut, Rajudin juga mengharapkan kehadiran Sarang Burung Walet ini bisa menjadi lahan lapangan perkerjaan warga sekitar, sehingga masyarakat bisa diberdayakan. “Ini harapan kita kepada Pemko Medan,” jelasnya.

Terpopuler
noimage
12 September 2016
Terkini