• ,


Breaking News :






Walikota Tinjau UNBK di SMP Negeri 1 Medan
Senin, 23 April 2018 - 20:15:00 WIB
Rubrik: Peristiwa - Dibaca: 6 kali   



Medan, - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  meninjau  pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 1  Jalan Bunga Asoka, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Senin (23/4).  Peninjauan dilakukan untuk melihat pelaksanaan UNBK pada hari pertama yang mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut.

Di Kota Medan, berdasarkan data yang diperoleh, pelaksanaan UN Tingkat SLTP diikuti 447 sekolah dengan perincian SMP sebanyak 371 sekolah dan MTS sebanyak 76 sekolah dengan total siswa sebanyak 44.816 siswa.  Sedangkan yang menggelar UNBK sebanyak 112 sekolah, sementara itu sebanyak 335 sekolah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Untuk SMPN 1 Medan, pelajar yang mengikuti UNBK sebanyak 333 siswa. Mereka menempati sejumlah ruangan dan dibagi menjadi 3 gelombang. Selain menggunakan 75 unit komputer yang tersedia, para siswa juga menggunakan laptop untuk mengikuti UNBK yang akan berlangsung selama 4 hari tersebut.

Peninjauan dilakukan Wali Kota didampingingi Asisten Umum Ikhwan Habibi Daulay, Kadis Pendidikan Kota Medan Hasan Basri dan Kabag Humasy Ridho Nasution, serta anggota DPRD Medan Wong Chu Sen Tarigan dan Rajudin sagala. Dari peninjauan yang dilakukan,   Wali Kota menyatakan pelaksanaan UNBK di SMPN 1 berjalan dengan lancar.

Meski demikian Wali Kota mengakui,  para siswa pada salah satu ruangan sempat tertunda beberapa menit untuk mengikuti ujian, sedangkan ruangan yang lainnya tidak ada masalah. Penyebabnya karena  jaringan dari pusat sempat tidak connect (terhubung).  

"Alhamdulillah, anak-anak hanya menunggu beberapa menit saja,  sebab jaringan dari pusat kembali connect sehingga mereka pun langsung mengikuti ujian dengan mengerjakan soal-soal melalui komputer maupun laptop,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota mengungkapkan, sejauh ini pelaksanaan UNBK dan UNKP hari pertama di Kota Medan berjalan dengan lancar. Diharapkannya kondisi ini berlangsung hingga berakhirnya ujian nasional tersebut. “ Di samping itu kita pun berharap hasilnya cukup baik dan kelulusan mencapai 100 persen,” harapnya.

Wali Kota pun berharap, pelaksanaan UN tingkat SMP di Kota Medan seluruhnya akan berbasis komputer.  Sebab, ujian berbasis komputer lebih praktis, efisien  dan menjauhkan dari kecurangan. Guna mewujudkan hal tersebut, secara bertahap setiap tahunnya akan terus dilakukan penambahan komputer.

Sementara itu menurut Kepsek SMP Negeri 1 Medan Lisnawati  Susman,  333 siswa hadir seluruhnya mengikuti UNBK hari pertama.  Mereka dibagi menjadi 3 gelombang, gelombang pertama mulai pukul 07.30-09.30 WIB, gelombang kedua pukul 10.00-12.00 WIB, sedangkan gelombang ketiga mulai pukul 14.00-16.00 WIB.

“Sejauh ini tidak ada kendala dari pihak kita, cuma tadi ada sedikit gangguan dengan jaringan di salah satu ruangan. Akibat gangguan jaringan itu, kita tadi agak terlambat sekitar 5 menit saja dari jadwal yang telah ditetapkan. Saya berharap UNBK berlangsung lancar, nilai yang diperoleh cukup baik dan tingkat kelulusan 100%,” jelas Lisnawati.

Kemudian Linsnawati  menerangkan, UNBK  bukan faktor utama kelulusan siswa, sebab UNBK hanya stadarisasi dari ketercapaian persamaan belajar dari para siswa seluruh Indonesia. “Kalau penentu kelulusan itu dari sekolah yakni melalui ujian-ujian yang dilaksanakan sekolah,” paparnya.
Nasution MSi didampingi sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan meninjau pelaksanaan UNKP di SMP Negeri 11 Jalan Budi Kemenangan Medan. Jumlah siswa yang mengikuti ujian sebanyak 379 orang dan dibagi dalam 20 ruangan.

Peninjauan dilakukan Wakil Wali Kota didampingi  Kepsek SMPN 11 Bambang Sudewo SPd MPd. Pelaksanaan UNKP berjalan lancar, seluruh siswa hadir dan tak ada kekurangan lembar soal maupun jawaban.(mbz/mdn)








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik