• ,


Breaking News :






Sering Online, Ini Dampaknya Bagi Tubuh
Sabtu, 09 Juli 2016 - 07:22:00 WIB
Rubrik: Gaya Hidup - Dibaca: 251 kali   


foto : ilustrasi/google

Demam karena sering online, mungkin terdengar mustahil. Namun sebuah penelitian terbaru mengklaim semakin banyak Anda menghabiskan waktu untuk online, maka semakin besar risiko Anda terkena demam.

Hal ini dikemukakan para ilmuwan dari Universitas Swansea dan Milan yang menemukan  penggunaan internet yang terlalu lama dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Seperti dilansir laman Daily Mail, penelitian tersebut menemukan orang yang berselancar di internet dalam waktu lama lebih rentan terkena flu dibanding mereka yang membatasi penggunaan internet mereka.

Penelitian yang melibatkan 500 responden yang berusia antara 18-101 tahun ini menemukan bahwa 40 persen responden mengakui kecanduan internet. Kecanduan ini memiliki skala tertentu dari ringan hingga berat. Selain itu, dalam kelompok ini lebih dari 30 persennya lebih sering mengalami gejala flu dan demam dibandingkan mereka yang tidak terlalu kecanduan internet.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa gejala yang mereka alami merupakan dampak dari stres ketika mereka terputus dari dunia maya. Lingkaran stres dan tenang ini akan menimbulkan fluktuasi di dalam hormon kortisol dalam tubuh. Hormon ini yang berfungsi memengaruhi fungsi imun.

Profesor Phil Reed dari Swansea Universitys College of Human and Health Sciences mengatakan, timnya menemukan bahwa pengaruh penggunaan internet pada kesehatan seseorang sangat beragam faktornya seperti depresi, kurang tidur, dan kesepian yang biasanya dialami oleh penggunaan internet yang sangat sering. Selain itu, kondisi tersebut diperparah dengan kesehatan yang makin memburuk.

Normalnya, waktu yang dihabiskan untuk online rata-rata adalah enam jam sehari. Namun, sebagian kecil orang menghabiskan hingga 10 jam sehari yang mayoritas digunakan untuk membuka situs media sosial.

Kebiasaan ini tidak berpengaruh pada gender seseorang. Namun, dalam penelitian tersebut partisipan pria dan wanita memiliki perbedaan prilaku dalam penggunaan internet. Wanita kebanyakan menggunakan internet untuk media sosial dan belanja. Sementara pria lebih memprioritaskan game dan pornografi.

"Hasil dari penggunaan internet ini, di luar dari stereotip gender, ataupun berhubungan dengan dampaknya pada fungsi imunitas. Tidak berpengaruh juga untuk apa Anda menggunakan internet itu. Namun, selama digunakan dalam waktu lama, Anda akan lebih rentan terkena penyakit. Bagaimana Anda terkena penyakit akan berbeda pada setiap orang, tergantung cara Anda menggunakan internet," kata Profesor Roberto Truzoli dari Milan University.(vv)








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik