• ,


Breaking News :






Lima Orang Diadili Akibat Bocornya Dokumen Vatikan
Rabu, 25 November 2015 - 09:17:00 WIB
Rubrik: Internasional - Dibaca: 300 kali   


foto : bbc

VATIKAN - Lima orang, termasuk dua wartawan investigatif dan seorang pendeta Spanyol, diadili di Vatikan karena bocornya dan penerbitan dokumen rahasia.

Kedua wartawan yang baru-baru ini menerbitkan buku tentang pemborosan keuangan dan ketidakbenaran di Vatikan, menuduh Tahta Suci menyerang kebebasan pers.

Jika dihukum, maka kelima orang ini dapat dipenjara maksimal sampai delapan tahun.

Vatikan mengatakan para penulis ini berusaha menyudutkan stafnya.

Dua lainnya adalah pendeta Spanyol, Msgr Angelo Lucio Vallejo Balda, dan ahli hubungan masyarakat, Francesca Chaouqui, yang merupakan bagian dari komisi reformasi khusus bentukan Paus Fransiskus untuk mengatasi keuangan Vatikan dan mengusulkan reformasi guna memperbaiki aliran uang untuk kelompok miskin.

Sekretaris pendeta Nicola Maio juga ikut dituduh.

Para wartawan, Emiliano Fittipaldi dan Gianluigi Nuzzi, mengecam keras keputusan Vatikan yang mengadili mereka karena penerbitan buku Avarice dan Merchants in the Temple.

Nuzzi mengecam pengadilan yang dipandangnya tidak masuk akal.

Dia mengeluh karena dirinya tidak diberi kesempatan untuk membaca dakwaan dan hanya sempat bertemu pengacara pengadilan beberapa saat sebelum sidang dimulai.(mbz/bbc)








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik