• ,


Breaking News :






Beberapa Masalah Penyebab Terjadinya Kemiskinan Masyarakat Nelayan
Minggu, 21 Juni 2015 - 14:28:52 WIB
Rubrik: Ekobis - Dibaca: 321 kali   


Medan,-Kompleksnya permasalahan kemiskinan yang mendera masyarakat nelayan karena hidup dalam suasana alam yang keras dan selalu diliputi ketidakpastian dalam menjalankan usahanya untuk mencari nafkah. Tingkat pendidikan nelayan yang tergolong rendah juga memberikan pengaruh kuat terhadap kesejahteraan nelayan.

 Nelayan yang miskin umumnya belum banyak tersentuh teknologi modern, kualitas sumber daya manusia rendah dan tingkat produktivitas hasil tangkapannya juga sangat rendah. Hal itu dikatakan Ketua Angkatan Muda Melayu Indonesia (AMMI) Kota Medan Muchtar Effendi di Medan.

“Pola kehidupan nelayan dalam keseharian memberikan pengaruh terhadap tatanan ekonomi mereka. Pola hidup konsumtif menjadi masalah laten pada masyarakat nelayan, dimana pada saat penghasilan banyak, tidak ditabung untuk persiapan paceklik, melainkan dijadikan kesempatan untuk membeli kebutuhan sekunder,” ungkapnya.

Pemasaran hasil tangkapan ikan nelayan kata Muchtar, belum difasilitasi pemerintah secara maksimal. Tidak semua daerah pesisir memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Hal tersebut membuat para nelayan terpaksa untuk menjual hasil tangkapan mereka kepada tengkulak dengan harga di bawah harga pasar.

Program pemerintah menurutnya juga belum memihak nelayan, kebijakan pemerintah tidak konsern memihak masyarakat miskin, banyak kebijakan terkait penanggulangan kemiskinan bersifat top down dan selalu menjadikan masyarakat sebagai objek, bukan subjek.

”Kebijakan yang pro nelayan mutlak diperlukan, yakni sebuah kebijakan sosial yang akan mensejahterakan masyarakat dan kehidupan nelayan,” tegas Muchtar.








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik