• ,


Breaking News :






Memanfaatkan Internet Untuk Meningkatkan Bisnis UKM
Minggu, 21 Juni 2015 - 14:27:33 WIB
Rubrik: Ekobis - Dibaca: 247 kali   


Medan,-Untuk meningkatkan usaha kecil dan  UKM yang saat ini sedang kita geluti dengan memanfaatkan Internet adalah sebuah pilihan yang baik dan bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Demikian dikatakan pengamat ekonomi dan pelaku usaha Ir. H. Tarmuzi Harahap di Medan.

“Berdasarkan database hingga tahun 2011 jumlah UKM di Indonesia tercatat mencapai 52 juta UKM. Akan tetapi perkembangan UKM agar dapat berkembang lebih pesat masih terhambat berbagai persoalan diantaranyapermodalan, manajemen bisnis dan strategi pemasaran,” jelasnya.

Padahal kata Tarmuzy, khususnya soal pemasaran, dengan memanfaatkan internet pelaku UKM bisa lebih meningkatkan pemasarannya. Yang menjadi tantangan dan perhatian serius adalah bagaimana caranya meningkatkan usaha kecil menengah melalui internet. Sementara perlu juga dicermati tidak semua pelaku UKM dapat mempergunakan internet.

“Sebelum mengetahui Cara Meningkatkan Usaha Kecil dan UKM dengan Manfaat Internet, ada hal yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan dan dilaksanakan yaitu mengenai strategi pengembangan UKM. Ini penting, sebab tanpa strategi yang tepat, usaha kecil menengah akan sulit berkembang,” terangnya.


Menurut Tarmuzy, ada beberapa strategi yang perlu dilakukan dalam pengembangan Usaha Kecil Mengengah (UKM).  Dalam merancang suatu produk, UKM harus menjalankan segmentasi pasar. Cara ini yang juga dilakukan usaha-usaha besar dalam mempersiapkan produknya.

Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Sebab, tiap market punya kebutuhan yang berbeda. Dengan melakukan segmentasi pasar,  usaha kecil menengah bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang dikeluarkannya.

Menjadi pemimpin pasar harus diupayakan dengan serius ujarnya menekankan. Ini mungkin sering dilupakan oleh pengusaha kecil menengah. Yang penting penjualan lancar, rasanya sudah cukup.

“Padahal, untuk melakukan lompatan yang lebih besar, pelaku UKM harus bekerja lebih keras agar bisa menjadi pemimpin pasar. Terlena dengan kenyamanan yang sudah dirasakan bisa menjadi blunder besar bagi sebuah usaha. Sebab situasi bisnis tidak berhenti berubah,” katanya mengingatkan.

Dalam pandangan bisnisnya Tarmuzy juga menyarankan perlunya dilakukan kerjasama antar usaha kecil menengah. Melakukan kerjasama dengan sesama pelaku usaha kecil menengah perlu juga dilakukan agar bisa saling memperkuat usaha.

“Misalnya bisa dibuat paket promosi bersama yang bisa saling menguntungkan kedua UKM,” katanya menyarankan.

Dijelaskannya, untuk meningkatkan penjualan, usaha kecil menengah (UKM) harus gencar melakukan promosi. Memiliki situs atau web sendiri sudah menjadi keharusan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ingin maju. Dengan situs tersebut, UKM bisa mempromosikan produk-produk yang dimilikinya ke seluruh dunia.

Pelaku UKM disarankan memiliki blog khusus kata Tarmuzy, karena memiliki blog mendatangkan manfaat besar bagi usaha kecil menengah. Sebab akan membuat promosi yang dilakukan lebih lincah. Peran sosial media makin penting bagi kehidupan masyarakat saat ini. Usaha kecil menengah tidak boleh ketinggalan berada di dalamnya untuk lebih mendekatkan diri dengan pasar.

“Pengelolaan sosial media yang tepat, seperti dengan menerapkan Facebook Marketing bisa meledakkan bisnis UKM. Offline-online. Menghubungkan antara kegiatan offline-online di usaha kecil menengah dapat mempercepat pertumbuhan UKM melebihi yang pernah dibayangkan,” ungkapnya.








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik