• ,


Breaking News :






Hak Pemko, Pemprovsu Harus Segera Bayarkan DBH
Kamis, 09 Januari 2014 - 20:34:05 WIB
Rubrik: Ekobis - Dibaca: 204 kali   


Medanblitz.com - DPRD Medan menyesalkan sikap Pemprovsu sampai saat ini enggan memberikan Dana Bagi Hasil (DBH) atas beberapa pajak seperti pajak kendaraan bermotor, pajak bahan bakar, bea balik nama. Pasalnya, dana tersebut sangat dibutuhkan untuk membiayai sejumlah proyek.

Saat ini tunggakan Pemprovsu ke Pemko Medan sendiri Rp600 miliar. Bahkan, belum dicairkannya dana tersebut, pembangunan di Kota Medan menjadi terbatas. Penyelesaian banjir tertunda, jalan masyarakat tidak beraspal, dan sebagainya.

“Kami tidak mau tahu, kalau dana itu tersendat sebelumnya akibat ada Pilkada atau lainnya. Yang penting bayarkan itu segera. Sebab, itu hak Pemko Medan, hak masyarakat Kota Medan,” tegas Wakil Ketua DPRD Medan Sabar Syamsurya Sitepu, Kamis (09/01/2013).

Sabar mengungkapkan, seharusnya Pemprovsu sadar akan kegunaan dana tersebut dan imbas apabila tersendat dana itu diberikan kepada Pemko Medan. Masyarakat sudah meresahkan minimnya pembangunan di Kota Medan saat ini. “Jangan sampai masyarakat Kota Medan menilai genangan air yang terjadi akibat Pemprovsu tidak melunaskan tunggakan. Pembangunan di Kota Medan akan stagnan. Pemborong tidak berani lagi mengerjakan proyek karena takut tidak dibayar seperti 2012. Saya yakin, apabila ini tidak diselesaikan, proyek 2014 sepi peminat,” ungkapnya.

Dia juga sangat menyesalkan sikap anggota DPRD Sumut dari dapil Medan yang tidak memperjuangkan secara ngotot dana tersebut dicairkan. Padahal itu bagian dari pertanggungjawabannya kepada masyarakat yang telah memilihnya. Dana ini cukup besar dan ini akan menjadi penilaian masyarakat tersendiri atas kinerja dewan yang duduk di DPRD Sumut. “Seharusnya kawan-kawan di DPRD Sumut dari dapil Medan juga turut memperjuangkan. Jangan diam. Masyarakat juga sudah menjerit,” sesalnya.

Pihaknya tidak begitu mempersoalkan dana bantuan daerah (BDB) sebab, jumlahnya terlalu kecil, yakni Rp10 miliar. Meskipun di satu sisi perlu dipertanyakan kenapa Medan sebagai ibu kota provinsi BDB nya terlalu kecil. “Masalah BDB tidak terlalu dipersoalkan. DBH ini segera dibayarkan,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi A DPRD Medan Aripay Tambunan menambahkan, pihaknya juga tidak yakin dengan apa yang disampaikan pihak Pemprovsu, Februari ini semua sudah selesai. Pasalnya, APBD Sumut 2014 sendiri belum disahkan.

“APBD Mereka saja sampai saat ini belum disahkan. Jadi, siapa bisa menjamin Februari bisa tuntas. Inikan jadi pertanyaan juga. Jadi, jangan menimbulkan asumsi yang sulit diterima,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Medan Irwan Ritonga mengatakan, berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dana tersebut akan dicairkan tahun ini. Sebab, sudah dianggarkan. Namun, mereka tidak bisa memastikan apakah dana tersebut memang dicairkan atau tidak. “Kami menunggu saja. Apakah disalurkan atau tidak, kami tidak bisa memastikan. Yang jelas dana itu memang sangat dibutuhkan untuk membiayai sejumlah proyek,” pungkasnya.(im)








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik