• ,


Breaking News :






Hadirkan Keteladanan Rasullah Dalam Kehidupan Sehari-hari
Senin, 12 Januari 2015 - 22:50:00 WIB
Rubrik: Peristiwa - Dibaca: 298 kali   



Medan - Medanblitz.com, Sekitar 10.000 umat Islam dari segala pelosok Kota Medan menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1436 H di Lapangan Sepakbola Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli, Senin (12/1/2015).  Hadir sebagai penceramah Ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA. Peringatan ini dilaksanakan sebagai bagian upaya untuk menghadirkan kembali keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum maulid dimulai, Walikota  Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memberikan santunan kepada 200 orang anak yatim beserta akte kelahiran gratis. Kemudian memberikan paket kesehatan kepada 200 orang bilal jenazah dan menyerahkan akte kelahiran gratis  kepada 200. Serta menyerahkan bantuan 7 unit kursi roda. Diharapkan seluruh bantuan yang diberikan itu dapat memberikan manfaat bagi yang menerimanya.

Umumnya para penerima bantuan terharu menerimanya, terutama warga yang telah berusia lanjut penerima kursi roda. Mata mereka tampak  memerah dan berkaca-kaca, sebab tak menyangka bisa mendapatkan bantuan kursi roda tersebut. Mereka pun menyalami Wali Kota sambil mengucapkan terima kasih.

Menurut Wali Kota, peringatan maulid ini dilaksanakan guna memupuk jiwa dan rohani dengan ajaran Islam yang luhur dana agung. Selain itu menanamkan ahlak yang mulia dan menyebarkan nilai-nilai kebajikan serta nilai-nilai kemanusiaan yang diteladankan Rasullah SAW. Serta sebagai upaya untuk menyemarakkan syiar Islam di Kota Medan tercinta ini.

Bagi umat Muslim kata Wali Kota, Nabi Muhammad SAW merupakan contoh dan teladan yang baik. Perjuangannya untuk menyampaikan ajaran tauhid, menegakkan ahlak serta menciptakan tatanan masyarakat yang ideal, adil, aman, damai dan sejahtera. Sebagai pengikutnya, tentunya keteladanan Nabi Muhammad  harus bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Yang lebih penting lagi kegiatan ini dapat memperkokoh tali silaturahmi diantara kita semua, sesama Muslim dan diantara pemerintah dengan masyarakat. Mari terus kita tingkatkan kerjasama, menciptakan kedamaian serta kerukunan guna mewujudkan Kota Medan yang berdaya saing dengan masyarakat lebih sejahtera dan religius,” kata Wali Kota.

Selanjutnya mantan Sekda Kota Medan ini mengungkapkan, Kota Medan sangat majemuk dimana penduduknya terdiri atas berbagai komponen etnik dan agama.  Untuk itulah perlu terus diperkokoh harmonisasi sosial dan kerukunan hidup, serta toleransi antar umat beragama. Umat Islam sebagai penduduk mayoritas tidak pernah mendominasi yang minoritas, sebab Rasulullah tidak pernah mengajarkan untuk bersikap seperti itu.

“Jadi semuan harus menjadi satu kesatuan, memiliki kesamaan pandangan dan rasa persaudaraan. Untuk memelihara harmonisasi sosial, tentunya perlu terus dibangun komunikasi antar umat beragama, guna menciptakan rasa saling percaya dan menghormati di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Oleh karenanya melalui peringatan maulid ini,  Wali Kota berharap dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang ajaran Islam secara utuh  sehingga mendorong tercipatanya rasa aman dan damai dalam hubungan antar umat beragama. Kemudian Wali kota mengingatkan semua agar tetap menjaga keharmonisan sosial.

“Kita jangan mudah terpancing isu-isu apalagi yang memakai unsure SARA. Jangan sampai kita terlibat dalam kekerasan ghorizontal dan konflik komunal. Sebagai umat Islam yang meneladani Rasulnya, marilah kita member contoh untuk mencegah hal-hal yang tidak baik. Mari kita ciptakan kehidupan bermasyarakat yang satun, beretika, teduh dan damai,” harapnya.

Sementara itu Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA dalam tausiahnya, mengupas tentang kehidupan Rasullah mulai kecil sampai diangkat menjadi rasul, termasuk dalam upayanya menyebarkan agama Islam. Dalam mensyiarkan dan mengembangkan Islam, Rasulullah tidak pernah menggunaka kekerasan, pemaksanaan kehendak maupun intimidasi.

Atas dasar itulah Said sangat menentang keras apa yang dilakukan ISIS selama. Dia menilai tindakan ISIS di Irak maupun Syiria sangat bertentangan dengan ajaran Islam.  Untuk itulah dia mengingatkan umat Islam yang ada di Indonesia tidak terpedaya dan bergabung dengan ISIS. Saat ini ungkapnya, ada sekitar 1000 warga Indonesia yang kabarnya terdaftar menjadi anggota ISIS dan 300 orang sudah berangkat ke Syiria dan Irak.

“Tidak boleh ada intimidasi , kekerasan dan teror mengatasnamakan agama . Hal itu jelas sangat bertentangan dengan ajaran Islam. Jadi apa yang diajarkan dan dilakukan ISIS selama ini sangat bertentangan dengan Islam. Selama mengembangkan ajaran Islam, Rasulullah  selalu bersikap damai, murah hati, selalu senyum serta tidak prnah sekalipun bersifat memaksa,” ungkap Said.

Dihadapan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan seperti Kajari Belawan Syarifuddin, Kompol Hermansyah mewakili Kapolres Belawan, Mayor Firdaus mewakili Danlanud Soewondo, Mayor CPM Danil Hendra mewakili Dandempom, Sekda kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, Ketua MUI Kota Medan Prof, DR M Hatta, unsur PKK, ibu-ibu pengajian dan seluruh yang hadir, Said mengajak  untuk meneladani sifat dan sikap Rasulullah agar mendapat syafaatnya kelak.

Kemudian mengajak seluruh yang hadir untuk  terus meningkatkan tali silaturahmi, terus bersatu dan bersama-sama membangun Kota Medan menjadi kota modern, madani dan religius. Selain itu harus menjauhkan diri dari segala permusuhan, pertikaian, kekerasan  dan menghilangkan sikap dendam. “Jadikan terapkan keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan kita sehari-hari,” pesannya.(jno)








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik