• ,


Breaking News :






Sergai Wakili Kabupaten/Kota di Sumut Nominator Sikompak Award 2014
Selasa, 13 Mei 2014 - 21:33:00 WIB
Rubrik: Peristiwa - Dibaca: 543 kali   


PERBAUNGAN | Medanblitz.com - Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sebagai salah satu daerah pemekaran yang melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Madiri Perdesaan (PNPM-MPd) masuk sebagai salah satu nominator Penghargaan Sikompak (Sikompak Award) tingkat nasional Tahun 2014 dalam kategori Desa Terbaik dalam Pemeliharaan. Penghargaan Nasional ini diikuti seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Kedatangan tim verifikasi dari Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri RI (Ditjen PMD Kemendagri) sebagai tahapan akhir penentuan terbaik nasional untuk menilai daerah yang masuk sebagai nominator. Rangkaian kunjungan tim ini sekaligus melakukan penilaian lapangan di Desa Gudang Garam Kecamatan Bintang Bayu yang menjadi tempat kategori penilaian.

Rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Kasubdit Pembangunan Partisifatif Ditjen MPD Kemendagri Teguh S. Jaya disambut hangat oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kepala BPMPD  Aguslan Simanjuntak SE dan Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala. Kunjungan tim penilai pusat yang melakukan tatap muka berupa wawancara testimoni dengan Bupati dilaksanakan di Rumah Dinas Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Senin (12/5/2014).

Turut hadir para tim penilai Satker PNPM Arli Arief dan Haris Santanu, Consult Manajemen Nasional PNPM (MNC) Lendy Wibowo dan Pratomo Adi, Koordinator Provsu Drs. H. Rusli Abdullah, SP2M Yusri SH, MSi, Pokja  Media RBM Sudarto dan Fasilitator Kabupaten (Faskab) PNPM Mulyadi Siagian.

Saat diwawancarai Bupati Ir. H. Soekirman mengucapkan terima kasih kepada Ditjen PMD melalui tim verifikasi yang telah menetapkan Kabupaten Sergai sebagai salah satu nominator ajang Sikompak Awards. Sebagai daerah yang baru berusia 10 tahun kami terus melakukan pembangunan, seluruh instansi terkait baik dari tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa bahkan anggota masyarakat didorong terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif.

Bentuk kegiatan partisipatif tersebut yang melibatkan jajaran pemerintahan Sergai bersama masyarakat adalah melalui Musrenbang dan Gerbang Swara, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan sampai pada pelaksanaan kegiatan dan pengawasannya. Sehingga nantinya akan tepat sasaran dan meningkatnya rasa memiliki yang akhirnya akan meningkatnya kesadaran dari masyarakat untuk memeliharanya, ujar Bupati Soekirman.

Diakhir sambutannya H. Soekirman berharap semoga dalam ajang Sikompak Award tahun ini Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat menjadi yang terbaik.

Sebelumnya Ketua Tim Teguh S. Jaya memberikan apresiasi terhadap jajaran pihak Desa Gudang Garam Kecamatan Bintang Bayu, dimana kegiatan PNPM selama ini sudah sangat membantu dan mendukung program pemerintahan daerah Sergai dalam menurunkan angka kemiskinan melalui program-program pemberdayaan masyarakat pedesaan.

Penghargaan Sikompak merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada pelaku pembangunan dan insan pemberdayaan masyarakat yang memiliki dedikasi, prestasi dan tanggung jawab dalam tugasnya didaerah, khususnya pemberdayaan masyarakat perdesaan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Madiri Perdesaan (PNPM-MPd). Prinsip-prinsip dasar pelaksanaan pogram yang transparansi, keberpihakan terhadap orang miskin, partisipans, akuntabilitas dan keberlanjutan (Sikompak), ungkap Teguh.

Pada kesempatan yang sama Kepala BPMPD Aguslan Simanjuntak melaporkan selain Kabupaten Sergai daerah lain yang ikut terpilih dalam kategori yang sama pada Sikompak Awards tahun 2014 yakni Kabupaten Bangli, Bali dan Blora, Jawa Tengah. Selain itu ada beberapa kategori yang diperlombakan yakni Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), Perencanaan Pembangunan Desa (PPD) dan Pendamping Lokal (PL), jelas Aguslan.(indra|sb)








Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 



UNIK

Inilah Penampakan Ratusan Jemaah Indonesia Mendaki Jabal Nur, Berziarah ke Gua Hira

Medanblitz,-Hari masih sangat pagi. Rabu (13/09), jam menunjukan pukul 03.45 waktu Arab Saudi ketika tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah mulai meniti jalanan menanjak menuju kaki Jabal Nur. Tim




Mendengar Lantunan Azan, Reporter TV Inggris Menesteskan Air Mata

Walikota Tabalkan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik